Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97288
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRossalia, Winda-
dc.contributor.authorSutomo, Sutomo-
dc.contributor.authorNegoro, Abul Haris Suryo-
dc.date.accessioned2020-02-28T08:00:11Z-
dc.date.available2020-02-28T08:00:11Z-
dc.date.issued2019-04-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97288-
dc.description.abstractPenelitan ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi Program Siswa Asuh Sebaya (SAS) pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Bnayuwangi. Penelitian ini didasari oleh beberapa permasalahan yaitu kurangnya sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi ke seluruh sekolah di Kabupaten Banyuwangi khususnya pada sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi sehingga menyebabkan munculnya diskresi dan kurangnya pemahaman mengenai program SAS oleh kepala sekolah maupun guru yang menyebabkan pengelolaan SAS pada beberapa sekolah berjalan kurang baik. Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi program SAS pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi, peneliti mengacu pada konsep evaluasi Dunn dengan menggunakan enam kriteria evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang digunakan berupa data kualitatif dengan jenis data yang terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Derajat kepercayaan diuji menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan hasil evaluasi program SAS dapat dilihat dari enam kriteria evaluasi, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa program Siswa Asuh Sebaya telah berjalan secara efektif yang telah membantu siswa miskin dalam meringankan biaya pendidikan meskipun pada beberapa sekolah terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Namun berdasarkan hasil pengukuran menggunakan evaluasi kriteria Dunn, program tersebut dapat dilanjutkan pelaksanaannya karena mendapat respon yang baik dari siswa, sekolah, maupun orang tua siswa.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherMajalah Ilmiah “DIAN ILMU”, Vol.18 No.2, April 2019en_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectProgram Pendidikanen_US
dc.subjectSiswa Asuh Sebayaen_US
dc.titleEvaluasi Program Siswa Asuh Sebaya pada Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0910201#Administrasi Negara-
dc.identifier.nidnNIDN0021036504-
dc.identifier.nidnNIDN0029108203-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. ISIP_Jurnal_Abul Haris SN_EVALUASI PROGRAM SISWA ASUH SEBAYA.pdf466.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.