Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97085
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJAHURI-
dc.date.accessioned2020-01-24T07:43:08Z-
dc.date.available2020-01-24T07:43:08Z-
dc.date.issued2002-08-03-
dc.identifier.nimNIM010210402404-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97085-
dc.description.abstractKemampuan Siswa Dalam Membaca Cepat Perlu Dikembangkan Karena Selama Ini Kurang Mendapat Perhatian Khusus, Sehingga Kecepatan Baca Siswa Kurang DARI 200 kpm. Latihan Gerak Mata Merupakan Salah Satu Metode Membaca Cepat Yang Banyak Digunakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Tingkat Kecepatan Baca Siswa Dalam Membaca Cepat Dan Kemampuan Pemahaman Bacaan Dalam Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Penelitian Ini Dilaksanakan Mulai Bulan Maret Sampai Dengan Bulan Juni 2002 Di SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2001-2002 Penelitian Ini Dilaksankan Dengan Rancangan Tindakan Kelas Melalui 2 Siklus. Untuk Pengambilan Sampel Penelitian Dilakukan Dengan Menggunakan Sistem Acak, Dengan Sampel Sejumlah 37 Siswa Untuk Pengambilan Data Penelitian Dilakukan Dengan Metode Tes, Yaitu Digunakan Untuk Mengetahui Tingkat Kecepatan Baca Dan Tingkat Kemampuan Pemahaman Bacaan Pada Siswa Karena Membaca Pada Hakikatnya Adalah Pemahaman, Sedangkan Metode Observasi Digunakan Untuk Mengetahui Sikap Siswa Dalam Membaca Guna Memperbaiki Cara Membca Cepat Yang Benar. Analisis Data Terhadap Hasil Penelitian Tersebut Menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif Dengan Persentase. Dalam Penelitian Ini Diperoleh Hasil, Bahwa Siswa Dalam Membaca Cepat Dengan Menggunakan Latihan Gerak Mata Menunjukkan Hasil Yang Baik, Karena Sebelum Diadakan Tindakan, Kecepatan Baca Siswa Rata-Rata 191 kpm, Atau Kurang Dari 200 kpm, Namun Setelah Diadakan Tindakan Sampai Siklus Ke-2 Kecepatan Baca Siswa 218 kpm Atau Naik 14% Sedangkan Tingkat Pemahaman Bacaan Sebelum Diadakan Tindakan Rata-Rata Nilainya 68, Pada Siklus ke-1 Nilai Pemahaman Bacaannnya 70, Sedangkan Pada Siklus ke-2 Nilai Pemahaman Bacaan 87, Atau Naik 27,9% Dibanding Sebelum Diadakan Tindakan, Serta Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Secara Klasikal 87,1% Karena Keberhasilan Pembelajaran Juga Terkait Dengan Ketuntasan Secara Klasikal Adanya Peningkatan Kecepatan Baca Dan Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa Maka Kegiatan Ini Sudah Dikatakan Tercapai Dengan Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Disarankan Kepada Siswa Hendaknya Berupaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Yang Pada Akhirnya Dapat Meningkatkan Prestasi. Bagi Guru Bahasa Indonesia Agar Secara Sadar Dan Terencana Menerapkan Latihan Gerak Mata Dalam Meningkatkan Kemampuanen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.subjectLatihan Gerak Mataen_US
dc.subjectMembaca cepaten_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Pada Siswa SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2001-2002en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-
dc.identifier.kodeprodi0210402-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fahuri 010210402404.pdf4.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools