Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97012
Title: | Kajian Membran Nilon sebagai Filter pada Proses Penjernihan Nira Tebu |
Authors: | Fauzia, Ismia Khilmi Maulina, Wenny Misto, Misto |
Keywords: | membran nilon nira tebu kinerja membran efektivitas efisiensi |
Issue Date: | 1-Apr-2018 |
Publisher: | Spektra: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, Volume 3 Nomor 1, April 2018 |
Abstract: | Membran nilon merupakan lapisan semipermeabel yang terbuat dari jenis polimer poliamida untuk memisahkan partikel tertentu dari larutannya. Pada artikel ini, membran nilon berperan sebagai filter untuk penjernihan nira tebu dengan mengkaji kinerja, efektivitas, dan efisiensi membran. Penelitian dilakukan dengan sistem aliran dead-end pada proses ultrafiltrasi menggunakan empat tekanan transmembran yang berbeda yaitu 1.0, 1.5, 2.0, dan 2.5 bar. Konsentrasi nira tebu sebelum dan sesudah proses ultrafiltrasi dikarakterisasi menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Membran nilon dengan variasi massa 4.5, 5.0, 5.5, 6.0, dan 6.5 gram, menunjukkan fluks air yang sesuai pada rentang 15 – 38 L/m .jam.bar pada tekanan transmembran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membran nilon yang memiliki kinerja paling baik adalah membran dengan massa benang nilon 4.5 gram karena memiliki nilai fluks paling besar dan nilai koefisien rejeksi paling kecil. Membran dengan massa benang nilon 6.5 gram memiliki efektivitas dan efisiensi penurunan sukrosa yang paling besar. Sedangkan membran dengan massa benang nilon 4.5 gram memiliki efektivitas dan efsiensi penurunan konsentrasi sukrosa yang paling rendah. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97012 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. MIPA_Jurnal_Wenny Maulina_Kajian Membran Nilon Sebagai Filter.pdf | 4.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.