Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96976
Title: Studi Dukungan Sosial Keluarga dengan Perkembangan Kemandirian Emosional Remaja Usia Sekolah Menengah Pertama Full Day School
Authors: MARDIYAH, Istna Abidah
SUSANTO, Tantut
SUSUMANINGRUM, Latifa Aini
Keywords: DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA
FULL DAY SCHOOL
KEMANDIRIAN EMOSIONAL REMAJA
PERKEMBANGAN REMAJA
REMAJA AWAL
Issue Date: 1-Dec-2019
Publisher: Journal of Community Empowerment for Health, Volume 2(2) Desember 2019
Abstract: Remaja awal di sekolah menengah pertama full day school, kemungkinan idak matur pada perkembangan kemandirian emosional remaja. Peneliian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan perkembangan kemandirian emosional pada remaja usia sekolah menengah pertama dengan full day school di Kabupaten Jember. Desain pada peneliian ini adalah cross-secional yang dilakukan pada 154 remaja berusia 13-15 tahun dengan straiied random sampling. Kuesioner yang digunakan dalam peneliian ini melipui karakterisik remaja, Perceived Social Support From Family, dan Emoional Autonomy Scale. Hasil menunjukkan bahwa remaja memiliki dukungan sosial keluarga yang baik (70,8%) dan kemandirian emosional yang inggi (54,5%). Ada hubungan yang signiikan antara dukungan sosial keluarga dengan otonomi emosional remaja sekolah menengah pertama full day school (X 2 = 5,27; p-value = 0,02). Remaja dengan dukungan sosial keluarga sedang dapat mencegah keidakmatangan kemandirian emosional (OR = 0,427; 95% CI = 0,205-0,881). Dukungan sosial keluarga diperlukan dalam perkembangan maturitas kemandirian emosional remaja. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan dukungan sosial pada remaja selama perubahan perkembangannya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96976
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Kep_Jurnal_Tantut S_Studi dukungan sosial keluarga dengan perkembangan.pdf4.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.