Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96833
Title: Peranan Kyai Haji Akhmad Dahlan Dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia Menurut Sistem Pendidikan Muhammadiyah Tahun 1912-1923
Authors: HANDAYANI, Sri
UMAMAH, Nurul
YANTI, Apriyani Kusuma
Keywords: Peranan K.H Akhmad Dahlan Pembaharuan Pendidikan Sistem Pendidikan Muhammadiyah
Issue Date: 28-Feb-2001
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Pada masa penjajaran Belanda telah terjadi dualisme sistem pendidikan di Indonesia,yaitu pendidikan pesantren yang hanya mengajakan ilmu agama dan pendidikan Barat yang mengajarkan ilmu pengetahuan umum saja. Sementara itu kondisi masyarakat Islam Indonesia belum menjalankan ajaran agama sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadist. Melihat kenyataan tersebut kenyataan tersebut K.H Akhmad Dahlan berinisiatif mengadakan pembaharuan pendidikan Agama, maka didirikan organisasi Muhammadiyah pada tanggal 18 Nopember 1912 di Yogyakarta, yang bertujuan menegakkan dan menjujung tinggi agama Islam sehingga dapat mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan ini menarik untuk dikaji dan diteliti.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96833
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Apriyani Kusuma Yanti 9402105318.pdf3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools