Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96833
Title: | Peranan Kyai Haji Akhmad Dahlan Dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia Menurut Sistem Pendidikan Muhammadiyah Tahun 1912-1923 |
Authors: | HANDAYANI, Sri UMAMAH, Nurul YANTI, Apriyani Kusuma |
Keywords: | Peranan K.H Akhmad Dahlan Pembaharuan Pendidikan Sistem Pendidikan Muhammadiyah |
Issue Date: | 28-Feb-2001 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Pada masa penjajaran Belanda telah terjadi dualisme sistem pendidikan di Indonesia,yaitu pendidikan pesantren yang hanya mengajakan ilmu agama dan pendidikan Barat yang mengajarkan ilmu pengetahuan umum saja. Sementara itu kondisi masyarakat Islam Indonesia belum menjalankan ajaran agama sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadist. Melihat kenyataan tersebut kenyataan tersebut K.H Akhmad Dahlan berinisiatif mengadakan pembaharuan pendidikan Agama, maka didirikan organisasi Muhammadiyah pada tanggal 18 Nopember 1912 di Yogyakarta, yang bertujuan menegakkan dan menjujung tinggi agama Islam sehingga dapat mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan ini menarik untuk dikaji dan diteliti. |
URI: | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96833 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Apriyani Kusuma Yanti 9402105318.pdf | 3.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools