Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96431
Title: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Dua Tinggal Dua Bertamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerpen Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 12 Jember
Authors: SATRIJONO, Hari
ANDIANTO, M. Rus
BADRIYAH, Nili
Keywords: CERITA PENDEK
Issue Date: 16-Jun-2006
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengnan teknik Dua Tinggal Dua Bertamu yang dapat meningkatkan hasil belajar cerpen dilakukan berdasarkan tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan terdiri atas pengaturan posisi bangku dan pengelompokan secara hiterogen, menjelaskan materi dan menyampaikan kompetensi dasar, dan membangkitkan skemata siswa. Pada tahap kegiatan inti aktivitas yang dilakukan adalah menjelaskan tugas kelompok, membimbing siswa bekerja secara kooperatif, dan membimbing siswa dalam melaksanakan teknik Dua Tinggal Dua Bertamu. Pada tahap penutup pembelajaran difokuskan pada kegiatan presentasi yaitu salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas kemudian siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran cerpen.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96431
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nili Badriyah 020210402318_1.pdf7.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools