Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96369
Title: Perancangan SOP (Standart Operating Procedure) Proses Produksi Mie Lethek Di UMKM Bendo Kabupaten Bantul Yogyakarta
Authors: SUBAGIO, Achmad
HERRY P, Bambang
WIDYANTORO, Bagas Bayu
Keywords: starch base noodle
Standart Operating Procedure
Issue Date: 23-Jan-2019
Publisher: FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Mie Lethek adalah mie kering yang tergolong produk diversifikasi pangan dan telah lama ada di kabupaten Bantul sebagai produk unggulan. Mie Lethek adalah mie kering yang tergolong starch base noodle. Salah satu pabrik yang masih aktif dalam pembuatan Mie Lethek adalah UMKM Bendo. Bahan baku dalam pembuatan Mie Lethek adalah tapioka dan tepung gaplek terfermentasi. Proses pembuatan mie yang tradisional menjadi faktor utama penghambat pabrik dalam mendapat standarisasi mutu produk. sehingga pabrik Mie Bendo ini sampai sekarang masih belum mendapatkan standar mutu produk. SOP menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi untuk mendapatkan standarisasi mutu produk. Selain untuk mendapatkan standarisasi mutu, SOP juga berfungsi untuk mengurangi produk cacat yang dihasilkan dan menjadi pedoman karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Maka perlu dilakukan penelitian tentang aplikasi rancangan SOP pada proses produksi Mie Lethek di UMKM Mie Lethek Bendo. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menghasilkan SOP yang terdiri dari instruksi kerja (IK), prosedur kerja (PK), dan formulir pencatatan yang dapat diterapkan dalam produksi Mie Lethek di UMKM Mie Lethek Bendo serta mengetahui perbedaan kualitas produk akhir pra SOP dan pasca penerapan SOP
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96369
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bagas Bayu Widyantoro-141710101079_.pdf829.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools