Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96356
Title: Strategi Pengadaan Bahan Baku Di PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) dengan Pendekatan Analytic Network Process (ANP)
Authors: HERRY, Bambang
KUSWARDHANI, Nita
ASPARUDDIN, Akhib
Keywords: Bahan Baku
Analytic Network Process
Edamame
Agroindustri
Issue Date: 9-Sep-2019
Abstract: PT GMIT merupakan salah satu agroindustri yang berfokus pada produk edamame segar di daerah Jember. PT GMIT memperoleh bahan baku edamame segar dengan cara bermitra dengan petani edamame di Kabupaten Jember. PT GMIT memperoleh bahan baku edamame segar dengan cara bermitra dengan petani edamame di Kabupaten Jember. Pola kemitraan yang dilakukan oleh PT GMIT yaitu kemitraan kerjasama operasional agribisnis (KOA). Dengan pola kemitraan KOA edamame yang berasal dari petani mitra semuanya diterima oleh PT GMIT. Kendala utama yang terdapat di PT GMIT yaitu petani mitra tidak dapat memenuhi jumlah target bahan baku dan kualitas bahan baku tidak sesuai standart sehingga kontinuitas terganggu. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut yaitu perlu dilakukan strategi pengadaan bahan baku. Strategi tersebut dapat diproleh dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP).Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kriteria dan subkriteria yang paling diperhatikan dalam penentuan strategi pengadaan bahan baku dan mendapatkan prioritas strategi pengadaan bahan baku. Data yang dibutuhkan adalah daftar kriteria dan subkriteria dan pembobotan kriteria dan subkriteria oleh pakar. Hasil yang diperoleh yaitu 8 kriteria dan 26 subkriteria. Kriteria-kriteria yang digunakan untuk membuat model ANP diantranya kualitas bahan baku, pengemasan bahan baku, fleksibilitas, delivery, after sales services, harga responsifenes dan alternatif. Pembuatan model ANP dilakukan dengan menggunakan software super decission 2.8. Pada metode ANP penilaian melibatkan pembuatan matrik penilaian, pengecekan konsstensi penilaian, hingga akhirnya didapat suatu nilai bobot yang dapat membantu dalam penerapan strategi pengadaan bahan baku. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan software ANP diketahui bahwa subkriteria yang memiliki bobot tertinggi yaitu subkriteria konsistensi harga dengan nilai limitng 0.170408 sedangkan bobot terendah terdapat pada subkriteria bersedia berbagi informasi terkait dengan nilai 0,00056. Nilai alternatif strategi tertinggi diperoleh pada subkriteria menetapkan kontrak kesepakatan harga untuk kualitas tertinggi dengan nilai limiting 0.163472.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96356
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Akhib Asparuddin-141710301051.pdf1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools