Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96297
Title: Analisis Kualitas Jamur Krispy Berbasis Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: IKM Berkah Cinta Trenggalek)
Authors: WIBOWO, Yuli
HERRY, Bambang
AIDA, Ulfa Nur
Keywords: Kualitas Jamur
Jamur Krispy
Kepuasan konsumen
Kualitas produk
Teknologi industri pertanian
Teknologi pertanian
Issue Date: 24-May-2019
Abstract: Jamur Krispy adalah olahan pangan yang dapat dijadikan sebagai hidangan makan ataupun camilan yang terbuat dari bahan dasar jamur tiram yang diolah dengan tepung bumbu dan telur dengan proses penggorengan dan memiliki tekstur yang krispy. Melihat prospek industri berbahan baku jamur tiram yang baik, banyak industri baru yang memilih memproduksi bahan baku ini untuk dijadikan jamur krispy. Salah satu industri tersebut adalah IKM Berkah Cinta Trenggalek. Kondisi ini menyebabkan persaingan usaha yang semakin tinggi. Oleh karena itu, perlu menciptakan kepuasan konsumen dengan cara peningkatan kualitas produk. Pengukuran tingkat kepuasan konsumen digunakan untuk mengetahui tingkat kinerja produk yang telah diraih oleh perusahaan. Apabila kinerja produk masih belum baik, dapat dilakukan perbaikan kualitas. Metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kinerja dari setiap atribut kualitas, dan Matrix Diagram untuk mengetahui hubungan ketarkaitan spesifikasi teknis pembuatan jamur krispy dengan indikator kualitas yang berkinerja rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap Jamur Krispy dari metode CSI sebesar 79,73%. Hasil analisis menggunakan IPA didapatkan 5 indikator atribut kualitas yang berkinerja rendah dengan harapan konsumen yang tinggi. Sehingga 5 indikator ini perlu dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan Matrix Diagram, hasil yang diperoleh didapatkan bahwa rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan untuk proses peningkatan kualitas ada 3 yang memiliki nilai diatas 18 yaitu memperbaiki desain produk dengan melakukan perancangan ulang produk, perancangan ulang atau mencari komposisi yang tepat untuk menghasilkan rasa yang enak dan konsisten, serta pengaturan tekanan yang tetap stabil pada saat proses penggorengan, dan mengatur pemakaian minyak goreng.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96297
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ulfa Nur Aida-141710301009.pdf2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools