Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96232
Title: Usability Evaluation Pada Web Perpustakaan Universitas Jember Menggunakan Cognitive Walkthrough
Authors: JUWITA, Oktalia
FIRMANSYAH, Diksy Media
ULWAN, Masyal
Keywords: Usability Evaluation
Cognitive Walkthrough
Website
Issue Date: 28-Jun-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Abstract: Pengujian usability diukur dengan menggunakan 4 skenario tugas yang harus diselesaikan oleh 20 responden. Responden pada penelitian ini terdiri laki-laki 50%, perempuan 50%, status mahasiswa 90%, dosen dan karyawan masing-masing 5%, berusia 17-25 tahun 90%, dan 26-35 tahun 10%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hanya ada 2 skenario tugas yaitu mencari judul buku (skenario tugas 2) dan mencari artikel (skenario tugas 3) yang berhasil diselesaikan oleh seluruh responden dengan benar. Skenario tugas 1 yaitu mencari judul skripsi merupakan skenario tugas yang paling rendah tingkat penyelesaiannya sebesar 75%, dan memiliki tingkat kesalahan tertinggi yaitu sebesar 58 kesalahan. Berdasarkan hasil analisis uji usability menemukan hal-hal yang menyebabkan rendahnya usabilitas antarmuka situs web perpustakaan UNEJ yaitu penggunaan istilah yang mirip, penggunaan font yang kecil dan tidak sesuai sehingga perubahan warna pada fitur yang tidak jelas terlihat, serta kurangnya deskripsi pada setiap ikon dan menu. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi pengguna berbeda dengan persepsi sistem. Rekomendasi perbaikan antarmuka situs web perpustakaan UNEJ berdasarkan hasil analisis yaitu penggunaan font yang jelas pada fitur "Advance Search”, penambahan deskripsi dan tooltips pada setiap menu, serta memberikan judul header yang sesuai.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96232
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Masyal Ulwan - 152410101045.pdf2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools