Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96021
Title: Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan di Kawasan Wisata Besuki Kabupaten Kediri
Authors: INDRANINGRAT, Ketut
SUROSO, Imam
PITRIANI, Endang
Keywords: Kepuasan Konsumen
Pariwisata
Issue Date: 21-Nov-2018
Abstract: Perkembangan industri pariwisata dapat memberi efek positif antara lain meningkatkan pendapatan dari pajak dan retribusi, dan menciptakan lapangan kerja. Sebagai salah satu industri jasa, pelayanan dan fasilitas yang tersedia di destinasi dapat mempengaruhi kepuasan wisatawan. Jika pelayanan dan fasilitas yang tersedia sesuai dengan apa yang diharapkan maka wisatawan akan merasa puas. Perkembangan pariwisata di Kabuaten Kediri menambah pendapatan asli daerah yang berasal dari pajak dan retribusi. Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri selaku pengelola menyadari potensi di Kawasan Wisata Besuki (Besuki) Kabupaten Kediri, oleh karena itu mereka terus memperbaiki fasilitas dan pelayanan yang tersedia. Namun saat ini banyak wisata sejenis bermunculan, maka kepuasan wisatawan perlu dipertahankan agar tidak kalah saing. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan wisatawan dan mengetahui faktor mana yang mempunyai pengaruh terbesar pada kepuasan wisatawan di Besuki Kabupaten Kedir. Objek pada penelitian ini adalah wisatawan di Besuki Kabupaten Kediri. Sampel dari penelitian ini berjumlah 102 responden, dengan jumlah indikator variabel yaitu 17. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Faktor dan Analisis Regresi Konfirmatori. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,1) faktor yang memengaruhi kepuasan wisatawan di Kawasan Wisata Besuki Kabupaten Kediri terdiri dari dua faktor yaitu faktor bukti fisik, dan sarana prasarana. Faktor bukti fisik terdiri dari ketersediaan tempat ibadah, taman bermain keluarga dan pujasera. Faktor sarana prasarana terdiri dari keramahan petugas, ketersediaan area berkemah dan kamar mandi yang memadai. Faktor daya tarik terdiri dari kesigapan karyawan menangani keluhan, keindahan kawasan wisata dan harga tiket sesuai. Faktor ini tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan dan berkorelasi negatif; 2) Faktor sarana prasarana memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan wisatawan di Kawasan Wisata Besuki Kabupaten Kediri.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96021
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Endang Pitriani - 140810201056.pdf1.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools