Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9495
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIta Dwi Puspita-
dc.date.accessioned2013-12-17T06:55:53Z-
dc.date.available2013-12-17T06:55:53Z-
dc.date.issued2013-12-17-
dc.identifier.nimNIM080210102034-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9495-
dc.description.abstractRINGKASAN Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran Fisika Kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2012/2013 ; Ita Dwi Puspita, 080210102034; 2013: 51 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 7 Jember menunjukkan bahwa dikelas VIIIH terdapat permasalahan yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika. Hal ini ditunjukkan data observasi dari 37 siswa diperoleh data berikut: tidak ada siswa yang bertanya, 3 siswa aktif menjawab dan 17 siswa mencatat sedangkan sisanya mengobrol sendiri. Sedangkan data ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa dari 37 siswa ditemukan 5 siswa tuntas atau sebesar 13,51% siswa yang mendapat nilai ≥70, dan 32 siswa tidak tuntas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model children learning in science yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember? (2)Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember? Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model children learning in science pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember, (2) Meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan model children learning In Science pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember. vii Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditentukan yaitu kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember pada tahun ajaran 2012/2013 materi alat optik. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh adalah data aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 serta wawncara kepada guru bidang studi dan siswa serta hasil post test. Berdasarkan hasil analisis data dari pra siklus, siklus 1, ke siklus 2 aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada pra siklus sebesar 32,43%, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54,05% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 75,67%. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran children learning in science dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102034;-
dc.subjectChildren Learning In Science (CLIS)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VIIIH SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ita dwi puspita_1.pdf901.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools