Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94760
Title: KONTRIBUSI PENGARUH MARKETING SYARIAH DAN REPUTASI BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER
Authors: DIMYATI, Mohammad
PUSPITASARI, Novi
ULAA, Sofhiatuz Zahrotul
Keywords: PENGARUH MARKETING SYARIAH
REPUTASI BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH
BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER
Series/Report no.: 140810201247;
Abstract: Dunia Perbankan di Indonesia mengalami suatu persaingan yang sangat ketat, dalam hal ini di Indonesia terdapat dua jenis bank yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah. Bank Konvensional adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum memiliki peranan yang strategis dalam menyelaraskan dan menyeimbangkan unsur-unsur pemerataan pembangunan dan hasil - hasil pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional guna menunjang pelaksanaan pembangunan nasional, sedangkan Bank Syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, maksudnya adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata cara muamalah secara Islam. Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu dan menganalisis besarnya kontribusi pengaruh marketing syariah dibanding reputasi bank terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Metode sampling yang digunakan adalah metode populasi dan sampel dengan jumlah responden sebanyak 114 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dari dokumen Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dan penyebaran kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM). Sesuai penelitian yang dilakukan bahwa kontribusi terbesar pengaruh antara marketing syariah dibanding reputasi bank terhadap kepuasan nasabah yaitu reputasi dari bank. Hal ini menunjukkan bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang Jember memiliki ciri khas yang berbasis syariah atau islami, dari brand tersebut masyarakat lebih penasaran serta melihat dari pencapaian prestasi Bank Muamalat yang patut diapresiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1); Marketing Syariah berpengaruh signifikan terhadap reputasi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah mampu membangun reputasi yang baik bagi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember; 2); Marketing syariah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa marketing syariah mampu menarik minat nasabah untuk bertransaksi secara aman dengan resiko lebih kecil saat menghadapi krisis moneter; 3); Reputasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, menunjukkan bahwa reputasi bank menjadi tolok ukur nasabah membandingkan dengan bank lain dilihat dari prestasi Bank Muamalat Kantor Cabang Jember yang semakin meningkat; 4); Kontribusi pengaruh terbesar adalah reputasi bank terhadap nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dibandingkan dengan metode marketing syariah, hal ini menunjukkan bahwa reputasi bank mampu mengikat masyarakat khususnya nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Jember untuk selalu menerima dan puas atas kinerjannya selama ini.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94760
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sofhiatuz Zahrotul Ulaa - 140810201247_.pdf2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools