Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94625
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Prihatini, Dewi | - |
dc.contributor.advisor | Paramu, Hadi | - |
dc.contributor.author | Yuliani | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-22T07:15:29Z | - |
dc.date.available | 2019-11-22T07:15:29Z | - |
dc.identifier.nim | 140810201264 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94625 | - |
dc.description.abstract | Lembaga pendidikan bertugas dan bertanggung jawab untuk menghantar bangsa ini agar siap menyangsong persaingan diera globalisasi. Lembaga pendidikan perlu mengambil posisi dan peran yang nyata yang dinamis da n proaktif, artinya pendidikan harus mampu bergerak lugas dalam menghadapi rintangan-rintangan dan memanfaatkan peluang yang ada. Untuk mempercepat tercapainya usaha tersebut, perlu adanya pemberian pelatihan keahlian untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang diberikan oleh tenaga pendidikan. Tenaga pendidikan dalam hal ini adalah guru memegang peran yang sangat penting.Guru sebagai kompenen penting dalam lembaga pendidikan diharapkan mampu menjadi fasilator dalam proses belajar siswa. Oleh karena itu guru dituntut memiliki kompetensi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan juga tidak terlepas dari faktor lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang kondusif akan mampu meningkatkan semangat kerjayang nantinya akan berpengaruh pula pada peningkatan kepuasan kerja guna mencapai tingkat produktifitas kerjanya. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru berstatus PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Kriteria penentuan sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri 5 Jember yang memiliki masa kerja minimal dari 5 tahun yang berjumlah 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan diperoleh dari responden dan informasi dari SMK Negeri 5 Jember. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Dua Sampel Bebas (Two Independent Samples Non-Parametrik). Pertama, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi antara guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember tidak berbeda. Peran guru PNS dan Non PNS pada dasarnya sama. Hal ini ditunjukkan dengan guru telah merencanakan program kegiatan pembelajaran, merencanakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan menentukan sistem penilaian dan pelaporan terhadap hasil belajar siswa. Kedua, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja antara guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember tidak berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember mempunyai presepsi yang sama terhadap lingkungan kerja dan mendapat hak yang sama dalam mendapatkan jaminan keselamatan kerja, mendapatkan fasilitas kerja sesuai dengan jenis pekerjaan masing-masing guru dan mendapatkan fasilitas yang sama dalam ruang kerja guru. Ketiga, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semangat kerja antara guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember tidak berbeda. Hal ini ditunjukkan dengan sikap kedisplinan meyangkut kehadiran guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember dalam bekerja (Absensi), mematuhi peraturan sekolah yang ada, saling bekerja sama dengan sesama guru untuk mencapai tujuan bersama, dan sama-sama mendapatkan kesempatan untuk maju. Keempat, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja antara guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember tidak berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa dengan status kepegawaian yang berbeda, tidak menunjukkan adanya perbedaan kepuasan kerja yang dirasakan guru PNS dan Non PNS di karenakan imbalan yang telah guru terima sesuai dengan beban kerja dan asas keadilan, memberikan kebebasan guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa, mendapatkan jabatan sesuai keahlian dan kemampuan yang dimiliki serta tanggung jawabnya. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan kompetensi, lingkungan kerja, semangat kerja dan kepuasan kerja guru PNS dan Non PNS SMK Negeri 5 Jember. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Analisis Kompetensi | en_US |
dc.subject | Lingkungan Kerja | en_US |
dc.subject | Semangat Kerja | en_US |
dc.subject | Kepuasan Kerja | en_US |
dc.subject | Guru PNS | en_US |
dc.subject | Guru Non PNS | en_US |
dc.title | ANALISIS KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA, SEMANGAT KERJA DAN KEPUASAN KERJA GURU PNS DAN NON PNS SMK NEGERI 5 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Economic and Business |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yuliani.pdf | 2.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools