Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94489
Title: Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pewarnaan Titik r-Dinamis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Penerapan Discovery Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Authors: DAFIK
IRFAN, Muhtadi
UMAM, Haniful
Keywords: Keterampilan Berpikir
Discovery Based Learning
Issue Date: Jul-2018
Series/Report no.: 160220101023;
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan level keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang berkemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaiakan soal pewarnaan titik r-dinamis dari kelas eksperimen, terdapat 11,11% siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah, dan 88,89% memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir reflektif mereka 25% dari rendah tingkat, 68,75% tingkat sedang, 6,25% dari tingkat tinggi. Dari kelas kontrol, terdapat 27,78% siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah dan 72,22% siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir reflektif mereka adalah 53,85% level rendah, dan 46,15% level sedang. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan pewarnaan titik r-dinamis yang berkemampuan berpikir reflektif dan yang tidak pada tahap pos tes dengan nilai signifikansi uji independent sample t tes 0,05 dimana nilai tersebut ≤0,05. Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan pewarnaan titik r-dinamis yang berkemampuan berpikir reflektif dengan hasil uji regresi model pembelajaran untuk kelas eksperimen 𝑡 72 ℎ𝑖𝑛𝑔 > 𝑡 (4.649 > 2.119) yang berari Ho diterima dan Ha ditolak. 𝑒𝑙 Proses menyelesaikan soal pewarnaan titik r-dinamis dari sebagian subjek untuk subjek 1 tahap analisis lembar kerja level berpikir berada pada kategori level tinggi tahap evaluasi kritis, subjek 2 pada kategori sedang level evaluasi deskriptif dan subjek 3 ketegori rendah level analisis dialogis dengan analisis alur berpikir pada gambar 4.11, 4.12, 4.13 dengan kombinasi alur berpikir seperti gambar 4.14.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94489
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Haniful Umam -160220101023_.pdf3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.