Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94488
Title: Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: SUMARDI
UMAMAH, Nurul
SETRORINI, Eka
Keywords: Discovery Learning
Historical Comprehension
Pelajaran Sejarah
Issue Date: Aug-2018
Series/Report no.: 140210302002;
Abstract: Tujuan penting dari pembelajaran sejarah adalah kualitas pemahaman sejarah (historical comprehension) peserta didik. Proses pembelajaran berkenaan dengan upaya memperkenalkan peserta didik terhadap disiplin ilmu sejarah yang berkaitan dengan ruang, waktu dan peristiwa. Pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran sejarah berorientaasi pada tuntutan Kompetensi Dasar (KD), sehingga pendidik berusaha menyelesaikan seluruh materi yang harus dipelajari tanpa memperhatikan apakah tujuan pembelajaran sejarah sudah tercapai oleh peserta didik atau belum. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah memiliki permasalahan terkait dengan rendahnya historical comprehension dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang belum mencapi kriteria ketuntasan minimun (KKM) sehingga tujuan pembelajaran sejarah belum tercapai sepenuhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, model discovery learning digunakan untuk meningkatkan historical comprehension dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model discovery learning dapat meningkatkan historical comprehension peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2017?2018; (2) apakah model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah dengan jumlah 34 peserta didik. Desain penelitian dengan menggunakan skema model Hopkins yang memiliki empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan model observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) persentase historical comprehension peserta didik pada indikator mengidentifikasi sumber sejarah dan menilai kredibilitasnya pada siklus 1 sebesar 49,3% pada siklus 2 meningkat menjadi 64,7% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 77,2%. Pada indikator menggambarkan kembali makna dari peristiwa sejarah pada siklus 1 sebesar 69,11% pada siklus 2 meningkat menjadi 78,68 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 85,29%. Pada indikator membaca cerita sejarah secara imajinatif pada siklus 1 sebesar 57,35% pada siklus 2 meningkat menjadi 74,27% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80,15%. Pada indikator menghargai perspektif sejarah pada siklus 1 sebesar 52,94% pada siklus 2 meningkat menjadi 66,91% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 75%; (2) Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 73,82 mengalami peningkatan sebesar 3,16%. Pada siklus 2 sebesar 76,62 mengalami peningkatan sebesar 3,79% dan pada siklus 3 sebesar 78,68 atau mengalami peningkatan sebesar 2,69%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan model discovery learning dapat meningkatkan historical comprehension peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah; (2) penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan peserta didik untuk terus meningkatkan historical comprehension agar memahami makna dari nilai-nilai sejarah, pendidik mampu mengembangkan model discovery learning sebagai alternatif pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan kajian lebih mendalam tentang model discovery learning dan historical comprehension serta historical thinking.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94488
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Setyorini-140210302002_.pdf2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools