Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94344
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDAFIK-
dc.contributor.advisorSLAMIN-
dc.contributor.authorWALIYATI, Selvi-
dc.date.accessioned2019-11-15T00:27:26Z-
dc.date.available2019-11-15T00:27:26Z-
dc.date.issued2019-02-
dc.identifier.nimNIM170220101008-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94344-
dc.description.abstractPola pewarnaan paving pada bidang pola bilangan seperti segitiga, persegi dan persegi panjang. Pola pewarnaan berdasarkan pola bilangan yang bisa diekspan hingga ke – n, dan dapat dicari rumusnya sehingga berapapun ke – n bisa dihitung. Suatu bidang didefinisikan sebagai pola yang terekspan antara bebarapa warna yang dikehendaki, namun membentuk pola pewarnaan pada bidang berikut, jika terekspan maka pola warna tersebut secara otomatis terekspan juga merupakan suku ke – n atau urutan ke- dari pola bilangan. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Modul Pembelajaran sebesar 3,27 dengan jumlah persentase 82%, Lembar Kerja Mahasiswa sebesar 3,2 persentase 80% dan Tes Aktivitas Riset sebesar 3,3 dengan persentase 83% dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 90% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua sebesar 85% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 90% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas dosen mencapai ≥ 80%. Hasil penilaian TAR dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dilihat dari hasil post-test, tahapan project based learning dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif pada hasil tes. Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pada tahap pre-test. Ketentuan tersebut dapat kita lihat pada tes independen sampel t-test yaitu hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ini mengidentifikasikan bahwa kedua kelas menunjukkan peberdaan bahwa kemampuan berpikir kreatif yang disebabkan oleh model pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada masalah kombinasi pemasangan pola pewarnaan paving.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries170220101008;-
dc.subjectPaving Blocken_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Dalam Memecahkan Masalah Kombinasi Pola Pewarnaan Paving Berdasarkan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT-Mathematic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Selvi Waliyati - 170220101008_.pdf6.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.