Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94310
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat
Authors: TRAPSILASIWI, Dinawati
FATAHILLAH, ArIf
NISYAK, Robiatun
Keywords: Pembelajaran Interaktif Online
Schoology
Web Desmos
Issue Date: Apr-2019
Series/Report no.: 150210101026;
Abstract: Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas XI IPA 3 SMAN Jenggawah. Pertemuan pertama pada hari Jumat, 01 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu mengenalkan media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology berbantuan web Desmos materi grafik fungsi kuadrat. Syarat untuk masuk ke kelas pembelajaran online yaitu memiliki akun Schoology, dimana siswa harus memiliki email dan kode akses kelas pembelajaran online. Pelaksanaan pada hari pertama yaitu di ruang kelas dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki siswa, karena pada saat penelitian pertama jadwal penggunaan Laboratorium Komputer di SMAN Jenggawah bertepatan dengan try out UNBK. Pertemuan kedua pada hari Kamis, 07 Februari 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif online Schoology berbantuan web Desmos. Pembelajaran kedua dilakukan di Laboratorium Komputer, siswa terlihat senang dan antusias mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran online. Setelah selesai proses pembelajaran, dilanjutkan dengan pemberian tes hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dilaksanakan secara online melalui media Schoology dengan waktu pengerjaan selama 50 menit. Setelah siswa selesai mengerjakan tes hasil belajar, dilanjutkan dengan pengisisan angket respon pengguna media. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap media pembelajaran yaitu 83,5% termasuk kategori “Sangat Baik”. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebesar 81,82% dari 33 siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif online menggunakan Schoology berbantuan web Desmos materi grafik fungsi kuadrat telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94310
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Robiatun Nisyak - 150210101026_.pdf5.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools