Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94181
Title: | Analisis Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri |
Authors: | SUSANTO OKTAVIANINGTYAS, Ervin RIZQUNA, M. Riyyan |
Keywords: | Analisis Berpikir Soal Cerita Spldv SPLDV |
Issue Date: | 23-Aug-2019 |
Series/Report no.: | 150210101117; |
Abstract: | Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima informasi atau memberikan respon terhadap suatu permasalahan khususnya dalam mata pelajaran matematika. Perbedaan tersebut dapat didasari karena tingkat efikasi diri siswa yang berbeda-beda. Tingkat efikasi diri siswa dapat dibedakan menjadi tiga yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Perbedaan ini juga mampu mempengaruhi kegiatan berpikir siswa yang erat kaitannya dengan level berpikir siswa yang diukur menggunakan taksonomi pendidikan. Chan, et al. (2002), menyatakan bahwa taksonomi SOLO adalah taksonomi pendidikan yang cocok untuk mengatur berbagai jenis hasil pembelajaran. Taksonomi SOLO ini mengklasifikasikan kemampuan siswa menjadi 5 level yaitu prestruktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan abstrak diperluas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari tingkat efikasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Jember. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22-24 April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes kepada seluruh siswa serta metode wawancara kepada beberapa siswa yang dipilih secara acak dan mewakili dari masing-masing tingkat efikasi serta masing-masing level berpikir taksonomi SOLO yang dicapai siswa pada masing-masing nomor soal. Instrumen penelitan berupa angket efikasi diri, soal tes SPLDV, pedoman wawancara serta lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa dengan efikasi diri rendah 25% berada pada level unistruktural, 50% mutistruktural dan 25% relasional. Siswa yang berada pada level unistruktural hanya mampu menuliskan informasi pada soal dan kurang memahami materi. Siswa yang berada pada level multistruktural cenderung bingung dalam memahami maksud soal level relasional dan soal level abstrak diperluas. Siswa yang berada pada level relasional mampu menjawab soal sampai level relasional dengan rinci namun tidak bisa dalam mengerjakan soal level abstrak diperluas. Siswa dengan efikasi diri tinggi 25% berada pada level multistruktural, 25% relasional dan 50% abstrak diperluas. Siswa yang berada pada level multistruktural mengerjakan dengan rinci soal level multistruktural tersebut. Siswa yang berada pada level relasional mampu mengerjakan soal dengan tepat meskipun ada sedikit kesalahan dikarenakan siswa kurang teliti dan siswa pada level ini tidak bisa mengerjakan soal level abstrak diperluas. Siswa yang berada pada level abstrak diperluas, mampu mengerjakan soal secara rinci dan urut sesuai langkah pengerjaannya. Siswa dengan efikasi diri sedang 23,21% berada pada level multistruktural, 64,29% relasional dan 12,5% abstrak diperluas. Siswa yang berada pada level multistruktural memberikan jawaban secara rinci, namun siswa salah dalam memahami informasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal level relasional. Siswa yang berada pada level relasional mampu menjawab pertanyaan dengan cara yang tepat, namun pada saat mengerjakan soal level abtrak diperluas, siswa mampu menjelaskan tahapan pengerjaannya, namun siswa salah dalam mengolah informasi untuk menyelesaikannya. Siswa yang berada pada level abstrak diperluas kurang lengkap dalam menuliskan informasi yang digunakan dalam menjawab soal, namun dapat menjawab soal tersebut dengan tepat. |
URI: | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94181 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
M. Riyyan Rizquna - 150210101117-.pdf | 5.77 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools