Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94162
Title: Peran Kinerja Tutor Terhadap Efisiensi Pelatihan Tata Boga Bagi Gelandangan dan Pengemis di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember
Authors: ISMIYAH, Niswatul
FAJARWATI, Linda
PARANCAK, Akeril Maudi
Keywords: Kinerja Tutor
Efisiensi Pelatihan
Boga
Gelandangan
Pengemis
Issue Date: 29-May-2019
Series/Report no.: 150210201017;
Abstract: Beberapa permasalahan sosial seperti kemiskinan, kriminalitas, kesehatan dan yang menjadi fokus kajian yaitu gelandangan dan pengemis yang merupakan akumulasi dan interaksi dari berbagai permasalahan seperti kemiskinan, pendidikan rendah, minimnya keterampilan kerja yang di miliki, lingkungan, sosial budaya, kesehatan. Permasalahan yang terjadi menjadi pemacu munculnya masalah – masalah lain yang terkait dengan sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Gelandangan dan pengemis yang ada di tiap daerah dapat dijadikan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu daerah dalam pengentasanya karena keberadaan gelandangan dan pengemis menjadi salah satu permasalahan Kabupaten Jember. Pemerintahan Kabupaten Jember melakukan penjaringan gelandangan dan pengemis delanjutkan dengan observasi sebelum pada akhirnya para gelandangan dan pengemis diberikan pelatihan tata boga yaitu membuat kopi yang nantinya akan mereka aplikasikan untuk berjualan kopi keliling dengan tujuan mereka mendapat pekerjaan yang layak serta perubahan mindset mengenai profesi mereka sebelumnya. Sesuai dengan latar belakang yang sudah dipaparkan maka rumusan masalah yang diambil adalah bagaimana peran kinerja tutor terhadap pelatihan tata boga bagi gelandangan dan pengemis di lingkungan pondok sosial Kabupaten Jember dengan mengetahui tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tutor terhadap efisiensi pelatihan tata boga bagi gelandangan dan pengemis di lingkungan pondok social Kabupaten Jember. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini secara teoritis mampu menjadi tambahann informasi, wawasan serta pertimbangan dan penanganan gelandangan dan pengemis di Kabupaten Jember khususnya dalam bidang penanganan represif yaitu diadakanya pelatihan tata boga tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area sehingga dipilih di Lingkungan pondok Sosial Kabupaten Jember. Penentuan informan penelitian menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis interaktif Model Mile and Huberman dimana itu terjadi dari reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kinerja tutor terhadap efisiensi pelatihan tata boga bagi gelandangan dan pengemis yang ada di Kabupaten Jember dikaitkan oleh tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki. Tiga faktor tersebut yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap prilaku.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94162
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Akeril Maudi Parancak - 150210201017-.pdf1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools