Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9409
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFajar Surya Hutama-
dc.date.accessioned2013-12-17T03:48:03Z-
dc.date.available2013-12-17T03:48:03Z-
dc.date.issued2013-12-17-
dc.identifier.nimNIM090210204211-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9409-
dc.description.abstractBerdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pertemuan pertama adalah pemaparan materi dan pertemuan kedua adalah pelaksanaan tes akhir tiap siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam tes awal, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah model Polya, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya menunjukkan bahwa siswa terarah dalam menyelesaikan soal cerita. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,68%, dan pada siklus II mencapai 72,18%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,50% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat tes awal, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 8,57%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 51,35%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 75,68%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 24,33% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pemecahan masalah model Polya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204211;-
dc.subjectModel Polya, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGGUNAAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN WIROWONGSO 01 KECAMATAN AJUNG TAHUN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools