Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93365
Title: Pengaruh Customers’ Experience terhadap Words of Mouth melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervensi pada Wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi
Authors: PRASODJO, Adi
INDRANINGRAT, Ketut
ZAHRA, Aisyah Nadhira
Keywords: Customers’ Experience
Words of Mouth
Kepercayaan Konsumen
Variabel Intervensi
Wisatawan
Issue Date: 9-Oct-2019
Abstract: Kabupaten Banyuwangi adalah daerah yang terletak di ujung timur pulau Jawa dengan berbagai keanekaragaman sumber daya alam yang dapat menjadi pilihan tempat berwisata untuk melepas penat. Dikenal dengan sebutan sunrise of java, Kabupaten Banyuwangi kini tak hanya dikenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya saja di pantainya, tetapi Banyuwangi juga telah dikenal sebagai destinasi pariwisata yang ikonik di Jawa Timur bahkan Indonesia. Bila dahulu pamor Banyuwangi harus bersaing dengan Bali, kini telah memiliki berbagai destinasi unggulan dan menobatkan diri sebagai kota pariwisata. Dari puluhan wisata bahari yang tersedia di kiblat pariwisata Indonesia ini, terdapat satu destinasi wisata bahari yang menawarkan wisatawannya untuk berolahraga bawah laut. Namun tidak hanya sekedar olahraga bawah laut biasa, di tempat ini wisatawan ditawarkan dengan wisata rumah apung, snorkeling, diving, memberi makan ikan liar di lautan, hingga berenang bersama anak ikan hiu. Wisata ini dikenal dengan wisata Bangsring Underwater Banyuwangi yang terletak di Pantai Bangsring, Wonsorejo, Kabupaten Banyuwangi yang hanya berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Banyuwangi dimana tempat ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan lokal maupun luar daerah khususnya bagi penggemar olahraga bawah laut yang menawarkan pengalaman menarik dengan biaya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh customers’ experience terhadap words of mouth melalui kepercayaan konsumen pada wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 84 responden yang pernah berkunjung ke objek wisata Bangsring Underwater Banyuwangi dengan jumlah kunjungan sebanyak – banyaknya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan variabel variabel customers’ experience terhadap variabel words of mouth melalui variabel kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari jawaban responden dengan menyebar kuesioner dan melakukan wawancara kepada sampel konsumen objek wisata Bangsring Underwater Banyuwangi. Sumber data sekunder diperoleh melalui kegiatan studi pustaka dengan literatur yang mendukung penelitian ini, seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu customers’ experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap words of mouth melalui kepercayaan konsumen pada wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93365
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aisyah Nadhira Zahra - 150810201148.pdf3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools