Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93277
Title: Faktor - Faktor Penentu Manajemen Laba Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI
Authors: Fadah, Isti
Farida, Lilik
YULIANTO, Ahmad Septian
Keywords: Konsumsi
BEI
Issue Date: 9-Oct-2019
Series/Report no.: 150810201279;
Abstract: Manajemen laba merupakan pilihan metode akuntansi yang secara sengaja dipilih pihak manajemen digunakan sebagai tujuan tertentu pada suatu perusahaan. Informasi laba pada suatu perusahaan dianggap hal yang sangat penting, karena informasi laba perusahaan dapat dipandang secara umum sebagai representasi kinerja pada manajemen pada periode tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis apakah Kepemlikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Free Cash Flow dan Ukuran Perusahaan merupakan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsusmi di BEI. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan, dengan metode penarikan sampel yaitu purposive samping diperoleh 22 perusahaan, yang sesuai dengan kriteria dengan rentang penelitian dari tahun 2015-2017. Total pengamatan dalam periode penelitian sebanyak 66 pengamatan. Metode penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan hasil pengujian terdapat 2 variabel independen Profitabilitas (ROA) dan Free Cash Flow (FCF) yang berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba (DAit). Sedangkan 3 variabel independen yang lain yaitu Kepemilikan Manajerial (KPMJ), Leverage (LEV) dan Ukuran Perusahaan (SIZE) berpengaruh tidak signifikan terhadap Manajemen Laba (DAit).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93277
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AHMAD SEPTIAN YULIANTO-150810201279_1.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools