Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92944
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Kebersamaan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas II SDN Sumbersari 03 Jember
Authors: IRWAN, Muhtadi
FINALI, Zetti
AYUDAWATI, Bela Kusumaning
Keywords: Tema Kebersamaan
Permainan Tradisional
Issue Date: 24-Sep-2019
Series/Report no.: 150210204139;
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R&D yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) desiminasi dan implementasi. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 8 karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas yang dilakukan kepada 3 validator untuk memperoleh nilai kelayakan LKPD, uji tes hasil belajar untuk memperoleh tingkat efektivitas LKPD dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis permainan tradisional ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli yakni dosen FKIP Universitas Jember dan 1 validator pengguna yakni guru kelas II SDN Sumbersari 03 Jember. Validasi yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase validasi sebesar 84%. Secara keseluruhan LKPD berbasis permainan tradisional ini telah dikategorikan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini diukur melalui hasil belajar ranah kognitif siswa. Hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 92% untuk minimal nilai sama dengan KKM yakni 65 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat dikategorikan sangat efektif. LKPD berbasis permainan tradisional ini mendapatkan respon positif dari siswa dengan presentase respon positif yang diperoleh mencapai 96,6% pada uji coba lapangan awal dan 88,6% pada uji coba lapangan utama atau dalam kategori respon sangat tertarik. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis permianan tradisional merupakan LKPD yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92944
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bela Kusumaning Ayudawati - 150210204139_.pdf3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools