Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92741
Title: | Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar PISA konten Shape and Space ditinjau dari Level Berpikir Geometri Van Hiele |
Authors: | SETIAWAN, Toto Bara YUDIANTO, Erfan AMBARWATI |
Keywords: | Matematika Visual spasial Geometri van hiele |
Issue Date: | 12-Sep-2019 |
Abstract: | Pendidikan memiliki peran penting bagi kehidupan. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk mengembangkan kemampuannya, terutama dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni. Matematika adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan bentuk-bentuk atau struktur-struktur abstrak Dengan demikian, matematika sangat diperlukan baik dalam kehidupan sehari-hari terlebih menghadapi kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni. Salah satu pelajaran matematika yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah geometri, kemampuan berpikir seseorang dalam menyelesaikan permasalahan geometri dapat dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Level berpikir geometri van hiele tidak terpaut oleh usia. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Glagah kelas XI IA 4. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal matematika berstandar PISA konten shape and space ditinjau dari level berpikir geometri van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal matematika berstandar PISA konten shape and space ditinjau dari level berpikir geometri van Hiele. Penelitian ini menganalisis kemampuan visual spasial ditinjau dari level berpikir geometri van Hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Hasil validasi semua instrumen diperoleh bahwa 𝑉𝑎 > 4, dan termasuk kriterian valid dengan beberapa saran sehingga dapat digunakan penelitian. Tes kemampuan geometri van Hiele dan tes kemampuan visual spasial diberikan kepada 27 siswa pada tanggal 28 Februari 2019 yang dianalisis yaitu 1 siswa dari level 0, level antara 0-1, level 1, level antara 1-2, level 2, level antara 2- 3, dan level 3. Selanjutnya didapat 7 anak sebagai subjek penelitian yang digunakan untuk pendeskripsian kemampuan visual spasial dengan pemberian tes wawancara. Pada hasil penelitian menunjukkan hasil tes pertama diperoleh 1 siswa pada level 3, 2 siswa pada level antara 2-3, 2 siswa pada level 2, 1 siswa pada level antara 1-2, 8 siswa pada level 1, 8 siswa pada level antara 0-1, 2 siswa pada level 0, dan 3 siswa pada level pre-0. Semua siswa dalam satu kelas mengikuti serangkaian tes kedua yaitu tes kemampuan visual spasial. Berdasarkan hasil tes pertama maka pengambilan subjek terdiri dari 1 siswa pada masing-masing level yang diperoleh dari level 0 sampai dengan level 4, karena dalam hasil tes pertama hanya terdapat 1 siswa dalam level tertinggi yaitu berada level 3. Jadi pengambilan subjek hanya 1 siswa pada masing-masing level 0 sampai dengan level 3. Sehingga siswa yang mengikuti tes wawancara berjumlah 7 anak. Tes wawancara bertujuan untuk mengonfirmasi hasil jawaban siswa dari tes yang kedua. Kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal matematika berstadar PISA konten shape and space yang mempunyai level berpikir geometri van Hiele pada level 3, level antara 2-3, dan level 2 yaitu masing-masing 1 subjek memenuhi 6 karakteristik yang terinci atas imajinasi, pencarian pola, mentransformasikan, pengonsepan, pemecahan masalah, dan menggunakan beberapa ide untuk menemukan cara baru. Siswa pada level antara 1-2 yaitu 1 subjek memenuhi 4 karakteristik yang terinci atas pencarian pola, mentransformasikan, pengonsepan, dan pemecahan masalah. Siswa pada level 1 yaitu 1 subjek kelas memenuhi 5 karakteristik yang terinci atas imajinasi, pencarian pola, mentransformasikan, pengonsepan, dan pemecahan masalah. Siswa pada level antara 1-0 dan level 0 yaitu masing-masing 1 subjek kelas memenuhi 3 karakteristik yang terinci atas imajinasi, mentransformasikan, dan pemecahan masalah. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92741 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ambarwati - 150210101060.pdf | 4.55 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools