Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92020
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Cooperative Script terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X MIPA SMAN Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019)
Authors: Suratno, Prof. Dr. M.Si
Pujiastuti, Dra. M.Si
Ermawati, ENI
Keywords: Pembelajaran Inkuiri
Cooperative Script
Kesadaran Metakognisi
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 21-Aug-2019
Series/Report no.: 150210103039;
Abstract: Biologi merupakan salah satu ilmu sains yang mempelajari semua tentang makhluk hidup, salah satu yang dipelajari adalah mengenai kingdom animalia, materi kingdom animalia menuntut siswa untuk menghafal yang menyebabkan minat dan hasil belajar yang dimiliki siswa rendah. Salah satunya di Kabupaten Jember yaitu di SMAN 1 Arjasa, Jember, untuk mengatasi hal tersebut perlu untuk meningkatkan kesadaran metakognisi siswa dalam belajar hal itu merupakan salah satu aspek yang penting, dikarenakan kemampuan metakognisi dapat membantu siswa untuk berpikir tingkat tinggi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berpikir tingkat tinggi dapat didukung dengan menerapkan model pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri penerapannya memiliki kelemahan dalam proses pembelajaran siswa kurang terlibat aktif dalam kelompok diskusi, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut guru harus memiliki cara lain untuk membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan dalam diskusi dengan kelompoknya. Kelemahan yang dimiliki inkuiri dapat diatasi dengan model pembelajaran Cooperative Script yaitu seatu model pembelajaran, dimana siswa dapat berdiskusi dengan teman sebangku
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92020
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eni Ermawati-150210103039.pdf6.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools