Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91369
Title: Evaluasi Persepsi dan Praktek Para Guru Bahasa Inggris SMAN se Kabupaten Jember Tentang Pembelajar Mandiri
Authors: Sudarsono, Sudarsono
Keywords: guru bahasa Inggris
persepsi
praktik
promosi
pembelajar mandiri
Issue Date: 23-Jul-2019
Abstract: Pembelajar otonomi atau mandiri (PM) masih menjadi topik yang menarik dan tren untuk praktisi Bahasa Inggris, baik guru atau peneliti. Mempromosikan pembelajar mandiri harus dimulai lebih awal pada semua tingkatan umur di sekolah atau di rumah. Makalah penelitian ini melaporkan temuan-temuan tentang bagaimana guru bahasa Inggris sekolah menengah atas mempersepsi konsep PM dan sejauh mana praktik mengajar bahasa Inggris untuk mempromosikan PM. Pesertanya adalah 33 guru Bahasa Inggris SMA dan swasta negeri yang bergabung dengan program MGMP. Data, dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Temuan mengungkapkan bahwa 97% peserta setuju atau tidak setuju bahwa studi independen di perpustakaan adalah kegiatan yang mengembangkan pembelajar mandiri; 94% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pembelajar mandiri dipromosikan ketika peserta didik memiliki beberapa pilihan dalam jenis kegiatan yang mereka lakukan; 88% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pelajar bahasa dari segala usia dapat mengembangkan pembelajar mandiri; 82% peserta sering atau selalu melakukan kegiatan untuk mempromosikan pembelajar mandiri seperti mendorong siswa untuk tidak takut membuat kesalahan dan meminta siswa untuk melakukan kerja sama dan pembelajaran sebaya jika memungkinkan. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk pengembangan profesional guru dan untuk mempromosikan pembelajar mandiri di tingkat sekolah menengah atas.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91369
Appears in Collections:LSP-The Research

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Lap Pen_Sudarsono_Evaluasi Persepsi.pdf1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.