Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/91026
Title: Pengaruh Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Kasus Pada Konsumen Batik Sekar Jati Star Di Kabupaten Jombang)
Authors: WAHYUNI, Sri
ZULIANTO, Mukhamad
NI'MAH, Siti Arifatu
Keywords: Pengaruh Harga
Desain Produk
Pembelian Batik
Konsumen Batik Sekar Jati Star
Konsumen Batik
Usaha kecil
Issue Date: 31-May-2019
Series/Report no.: 140210301054;
Abstract: Usaha kecil menengah merupakan bagian terpenting dari perekonomian nasional yang mempunyai kedudukan, potensi dan strategis dalam mewujudkan pembangunan ekonomi nasional yang kokoh. Dengan mendirikan usaha kecil menengah dapat membantu keberhasilan usaha masyarakat dengan cara menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Dengan adanya produk yang berkualitas dan harga terjangkau akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Sesuai dengan faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian adalah harga dan desain produk. Harga merupakan salah satu unsur terpenting dalam pemasaran, dimana harga dapat disesuaikan dengan ciri khas produk, saluran pembelian, maupun komunikasi yang membutuhkan lebih banyak waktu. Sedangkan dengan semakin bagus desain produk yang ditawarkan maka akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Salah satu UKM yang harus dikembangkan adalah pengrajin batik. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia sejak zaman dahulu yang terlahir sebagai seni karya kerajinan yang mempunyai filosofi terhadap makna kehidupan. Batik juga perlu dilestarikan karena batik merupakan tekstil khas indonesia yang memiliki motif dan nilai seni yang sangat tinggi. Hampir diseluruh wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah masing- masing. Dengan ciri khas masyarakat akan lebih mengenal seni dan sejarah dari setiap daerah, salah satunya yaitu Batik Sekar Jati Star di Kabupaten Jombang. Batik Sekar Jati Star Jombang mempunyai beberapa desain yang berebeda dengan rumah batik lainnya diantaranya desain candi arimbi, merak, daun, serumpun tebu, kawung cipir dan lainnya. Selain desain tersebut Batik Sekar Jati Star juga mempunyai desain Jombangan, yang sebagai ciri khas daerah Jombang. Batik Sekar Jati Star Jombang selalu menyesuaikan desain dengan perkembangan zaman sehingga desain- desain yang ada dapat diperbarui Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan desain produk terhadap keputusan pembelian batik sekar jati star di Kabupaten Jombang dan menemukan variabel yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian batik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli produk batik. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 responden dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan desain produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian batik sekar jati star di Kabupaten Jombang sebesar 90% dan sisanya 10% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah desain produk yaitu sebesar sebesar 52,4%, sedangkan harga hanya berpengaruh 37,6%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91026
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Arifatun Ni’mah - 140210301054-bak.pdf3.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools