Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90500
Title: Pengaruh Pemanfaatan Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah
Authors: NA’IM, Mohamad
PUTRI, Rully Nirmala
RUFIANTORO, Dwi Joni
Keywords: Media Videoscribe
Issue Date: 15-Apr-2019
Series/Report no.: 140210302058;
Abstract: Salah satu masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata hasil belajar. Masalah lain dalam pendidikan di Indonesia yang juga banyak diperbincangkan adalah pendekatan pembelajaran sejarah masih terlalu didominasi peran pendidik (teacher center). Pelajaran Sejarah berfungsi untuk penyadaran warga negara untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam rangka pembangunan nasional. Pelaksanaan pembelajaran sejarah di lapangan, sering dijumpai adanya kesan bahwa pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang sangat membosankan, kurang motivasi peserta didik. Sejarah dianggap sebagai pelajaran yang hanya memaparkan fakta-fakta yang ada, kurang penting, sehingga pelajaran sejarah dianggap remeh oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMAN 1 Arjasa, nilai ulangan harian dan tengah semester 1 peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa masih banyak yang menempuh remidi karena tidak memenuhi KKM (kriteria ketuntasan minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian mengambil kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen proses pembelajaran dilakukan menggunakan Media pembelajaran videoscribe. Sedangkan pada kelas kontrol proses pembelajaranya menggunakan media powerpoint. Setelah itu diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Metode quasi experiment, peneliti berusaha menentukan apakah suatu treatment mempengaruhi hasil sebuah penelitian. Pengaruh ini dinilai dengan cara menerapkan treatment tertentu pada satu kelompok (kelompok treatment) dan tidak menerapkannya pada kelompok yang lain (kelompok kontrol), lalu menentukan bagaimana dua kelompok tersebut menentukan hasil akhir. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan perhitungan hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai pada kelas eksperimen sebesar 0,001 dan kelas kontrol sebesar 0,07. Karena hasil di kelas eksperimen nilainya lebih kecil dari 0,05 maka terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksprimen yang menggunakan media videoscribe dengan kelompok kontrol tanpa menggunakan media videoscribe. Aktivitas belajar peserta didik lebih dominan dibandingkan aktivitas pendidik, pendidik hanya bertugas sebagai fasilitator. Pembelajaran efektif akan terjadi apabila peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik tidak hanya menerima informasi dari pendidik tetapi peserta didiklah yang menemukan dengan sedikit arahan dari pendidik, hal ini sesuai dengan anjuran pada kurikulum 2013 bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah yang dilakukan di SMAN 1 Arjasa, Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan penggunaan Media Videoscribe terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah peserta didik kelas XI SMAN 1 Arjasa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90500
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Joni Rufiantoro - 140210302058.pdf1.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools