Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90319
Title: Analisis Kestabilan Aerodinamika pada Rudder Pesawat Terbang N2XX pada Kondisi Left Engine Inoperatif (LEI)
Authors: Rahmawan, Exwan
Jatisukamto, Gaguk
Keywords: Left engine in operatif
vertical volume
Digital Datcom
Angle of attact
Issue Date: 10-Apr-2019
Abstract: Kestabilan pesawat terbang diperlukan pada saat pesawat mengalami left engine in operatif (LEI). LEI adalah keadaan bagian mesin kiri pesawat tidak berfungsi pada saat terbang atau tinggal landas. LEI dapat diantisipasi dengan menggunakan ekor pesawat bagian vertikal (rudder) sebagai tumpuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik aerodinamika rudder. Metodologi penelitian dengan cara analisis aerodinamika rudder menggunakan simulasi software digital Datcom. Data input simulasi terdiri dari: coefisien yowing deflection of rudder (C NDR ) = -0,0022889/deg, dan Vertical Volume (V v ) = 0,0830. Pengujian sebelumnya menggunakan V V = 0,79 dan selanjutnya V V = 0,83. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka Vv = 0,83 lebih stabil jika dibandingkan dengan V v = 0,79. Kesimpulan penelitian yaitu jika pesawat mengalami LEI, maka kestabilan rudder dikondisikan sebagai berikut: V v = 0,083, C NDR = -0.0022889/degree, coefisien lift C L = 1,8837 dan angle of attact (α) = 8,3277.
Description: Jurnal ROTOR, Edisi Khusus No. 3, Desember 2017
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90319
ISSN: 1979-018X
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. T_Jurnal_Gaguk J_Analisis Kestabilan Aerodinamika.pdf2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.