Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90255
Title: Penerapan dan Pemanfaatan Media Online dalam Pengembangan Sistem Pemasaran UMKM di Kabupaten Jember Jawa Timur
Authors: Januar, Jani
Kusmiati, Ati
SATRIA, Yoga S
Keywords: UMKM
SOGe model
Tingkat Penerapan
Pemanfaatan
Pemasaran
Issue Date: 10-Apr-2019
Series/Report no.: 111510601040;
Abstract: Perkembangan media online di era digitalisasi telah membawa pengaruh besar terhadap arah perubahan struktur ekonomi. Perubahan signifikan terjadi pada pola kebiasaan masyarakat yang menuntut pelaku usaha yang bergerak di UMKM mempertimbangkan cara untuk mendapatkan pasar. Perkembangan era digitalisasi telah memberikan pengaruh terhadap perubahan pola pemasaran pada pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media online dalam kegiatan pemasaran UMKM dan (2) mengetahui manfaat yang diperoleh UMKM dalam penggunaan media online, khususnya yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan analitis. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah disproporsionate stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dianalisis dengan SOGe model dan tabulasi skoring. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tingkat penerapan media online dalam pengembangan pemasaran UMKM di Kabupaten Jember Jawa Timur masih relatif rendah, dengan jumlah total pengguna media online hanya 439 unit dari 1.512 unit. Jumlah tersebut terbagi menjadi 6 (enam) stage dengan karakteristik bervariasi. Karakteristik di stage 0 diisi oleh pelaku UMKM konvensional yang sebagian besar usaha perorangan dengan fasilitas terbatas. Stage 1 (satu) hingga stage 4 (empat) pelaku UMKM yang berada pada fase perkembangan, sedangkan stage 5 merupakan pelaku UMKM yang telah berbadan usaha dan memiliki sistem terintegrasi, (2) kemudian masing-masing pelaku UMKM mendapatkan 15 (lima belas) manfaat. Manfaat signifikan dari skor yang didapatkan oleh UMKM ketika menggunakan media online adalah meningkatnya pendapatan, memperluas jangkauan pasar dan mengurangi biaya pemasaran. Pada tahap skoring, manfaat tinggi didapatkan pengguna media online pada stage 1 hingga 4, manfaat sedang didapatkan pada stage 5.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90255
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yoga Satria S. - 111510601040_1.pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools