Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90069
Title: Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Pendidik Sejarah Se Kabupaten Jember
Authors: Na’im, Mohammad
Umamah, Nurul
TANTIYO, Riski Wahyu
Keywords: Technological Pedagogical Knowledge
SMAN 2 Jember
ICT
Issue Date: 8-Apr-2019
Series/Report no.: 140210302079;
Abstract: Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Guru yang profesional akan mempunyai pengaruh langsung terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu untuk menghasilkan proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia yang cerdas dan kompetetif dibutuhkan guru yang profesional. Pemerintah telah mengupayakan terciptanya guru profesional. Salah satunya ialah menentukan standar nasional pendidikan yang dituangkan dalam PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 28 yang menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Namun realita di lapangan menunjukkan bahwa kualitas manusia Indonesia sebagai sumber daya yang potensial masih jauh dari harapan. Hal ini terjadi akibat rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Pendidik profesional dapat diwujudkan salah satunya dengan meningkatkan kualitas Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa pendidik profesional diharapkan memiliki kemampuan technological pedagogical knowledge. Komponen utama technological pedagogical knowledge terdiri atas pengetahuan tentang alat ICT, strategi pembelajaran didukung oleh ICT, penggunaan ICT dalam penelitian ilmiah, keterampilan informasi, fasilitator peserta didik, dan kesulitan teknis peserta didik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90069
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riski Wahyu Tantiyo - 140210302079_1.pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools