Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90007
Title: | Hubungan Kemampuan Penalaran Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Seruni 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 |
Authors: | Nuriman Agustiningsih ANIQ, Nilna |
Keywords: | Kemampuan Penalaran Ilmiah Hasil Belajar Siswa SDN Seruni 01 Jenggawah Jember |
Issue Date: | 4-Apr-2019 |
Series/Report no.: | 140210204066; |
Abstract: | Keterampilan penalaran ilmiah adalah kemampuan yang membuat siswa mampu secara sengaja mencari ilmu pengetahuan dan menghubungkan antara apa yang disampaikan dalam teori dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang rendah akan kesulitan memahami teori dan materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajarnya. Diperlukan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan penalaran ilmiah siswa agar siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “adakah hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidak adanya hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penlitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment pearson. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90007 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nilna Aniq - 140210204066_1.pdf | 1.39 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools