Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/90007
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuriman-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorANIQ, Nilna-
dc.date.accessioned2019-04-04T03:23:16Z-
dc.date.available2019-04-04T03:23:16Z-
dc.date.issued2019-04-04-
dc.identifier.nimNIM140210204066-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90007-
dc.description.abstractKeterampilan penalaran ilmiah adalah kemampuan yang membuat siswa mampu secara sengaja mencari ilmu pengetahuan dan menghubungkan antara apa yang disampaikan dalam teori dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang rendah akan kesulitan memahami teori dan materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajarnya. Diperlukan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan penalaran ilmiah siswa agar siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “adakah hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidak adanya hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penlitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment pearson.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204066;-
dc.subjectKemampuan Penalaran Ilmiahen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectSDN Seruni 01 Jenggawah Jemberen_US
dc.titleHubungan Kemampuan Penalaran Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Seruni 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nilna Aniq - 140210204066_1.pdf1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools