Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89745
Title: Implementasi Program Full Day School di MTSN 2 Jember Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: DJAJA, Sutrisno
ANI, Hety Mustika
ARIFIN, Zainul
Keywords: Implementasi pembelajaran
Full Day School
Issue Date: 4-Mar-2019
Series/Report no.: 110210301044;
Abstract: Implementasi pembelajaran Full Day School merupakan system pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan sistem pengajaran yang intensif yakni dengan menambah waktu jam pelajaran sampai sehari penuh. Pada sekolah umumnya pembelajaran hanya sampai siang, untuk sekolah full day ini waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih lama, karena ada tambahan pelajaran yang di anggap perlu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta pengembangan diri dan kreatifitas siswa. Salah satu sekolah di kabupaten Jember yang menerapkan pembelajaran ini ialah MTsN 2 Jember. Implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember telah berjalan selama lima tahun yang dimulai sejak tahun 2012. Beberapa yang melatar belakangi diantaranya yaitu sebagai salah satu langkah preventif dalam mencegah kerusakan moral dan kecerdasan akibat perkembangan zaman dan tekhnologi yang tak terbendung saat ini, kemudian untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa. Implementasi pembelajaran full day school memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan pembelajaran meliputi perencanaan kegiatan pembelajaran didalam kelas pagi dan kelas sore. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode tujuan tertentu atau secara sengaj yang dilaksanakan di MTsN 2 Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran program full day school, MTs Negeri 2 Jember melakukan inovasi terhadap program ini, yakni dengan membentuk kelas peminatan yang mana sering disebut “full day tahap sore” dari jam 14.30-16.00 WIB. Sedangkan pada jam 6.45-14.00 WIB pembelajaran dilaksanakan sebagaimana mestinya kelas reguler yang diikuti oleh semua siswa yang ada di MTs Negeri 2 Jember. Khusus kelas full day school selanjutnya pada pukul 14.00-16.00 WIB dilanjutkan dengan kelas peminatan yang telah dibentuk oleh tim. Tim pelaksana membentuk beberapa kelas peminatan yang bisa diikuti oleh siswa diantaranya, peminatan bahasa, peminatan matematika, peminatan IPA, dan peminatan IPS. Metode pembelajaran yang digunakan heterogen atau beragam, hal tersebut guna mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa. Kemudian dalam kaitannya dengan evaluasi pembelajaran menurut informasi yang diterima dari pihak sekolah dalam kaitannya dengan program fulday school, terdapat dua raport yang diberikan pada siswa yang mengikuti program fullday school yaitu raport kelas reguler dan raport kelas peminatan. Raport kelas reguler berisikan hasil belajar siswa pada semua mata pelajaran yang diikuti selama satu semester, sedangkan raport kelas peminatan berisikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang disesuaikan dengan program peminatan yang diikutinya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89745
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ZAINUL ARIFIN-110210301044.pdf4.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools