Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89489
Title: | Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbound pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa'ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (The Increase of Social and Emotional Development Through A Outbound Activity on B Children Group in Asy-Syafa'ah Jember Kindergarten 2015/2016 Academic Year) |
Authors: | Istiqomah, Nurul Lathif, Misno A. Khutobah, Khutobah |
Keywords: | Perkembangan sosial dan emosional kegiatan outbound penelitian tindakan kelas |
Issue Date: | 28-Jan-2019 |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi, sehingga berdampak pada rendahnya perkembangan sosial dan emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anakmelalui kegiatan outbound . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya anak kelompok B TK Asy-Syafa'ah Jember dengan jumlah 31 anak, terdiri atas 16 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan datanya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial dan emosional anak kelompok B melalui kegiatan outbound (Permainan halang rintang, estafet tongkat dan moving water) mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 51, siklus I 67 dan pada siklus II meningkat menjadi 81. |
Description: | JURNAL EDUKASI UNEJ 2016, III (2): 19-21 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89489 |
ISSN: | 2442-353X |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Jurnal_Khutobah_Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional.pdf | 279.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.