Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89484
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebriliana, Agata Elok-
dc.contributor.authorSugiarti, Titik-
dc.contributor.authorKhutobah, Khutobah-
dc.date.accessioned2019-01-28T06:08:39Z-
dc.date.available2019-01-28T06:08:39Z-
dc.date.issued2019-01-28-
dc.identifier.issn2442-353X-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89484-
dc.descriptionJURNAL EDUKASI 2016, III (3): 38-42en_US
dc.description.abstractMatematika sangat membantu dan dibutuhkan pada bidang studi atau ilmu-ilmu yag lain. Oleh karena itu matematika merupakan mata pelajaran yang mutlak untuk dipelajari dan dikuasai. Semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi serta prestasi belajar maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan, siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pun menjadi rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran kecepatan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif team game tournament. Pada siklus I, Skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 75,59 yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 81,20 yang tergolong sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 72,31 yang tergolong naik dan pada siklus II meningkat menjadi 80,59 yang tergolong sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif team game tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran kecepatan pada siswa kelas V di SD ST. Petrus Banyuwangi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAktivitas Belajar Siswaen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectMetode kooperatifen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) pada Pokok Bahasan Pengukuran Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Katolik “ST. Petrus” Banyuwangi (Application of Cooperative Learning Model Team Games Tournament (TGT) on the Large Measurement Plane to Increase Activities and Learning Outcomes Student Class V SD Catholics "ST. Petrus "Banyuwangi)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Khutobah_Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament.pdf287.86 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.