Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89483
Title: Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran PKN Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember (The Application of Learning Discussion Method by Using Media Image To Improve Activity and Learning Outcomes Of Grade III Students of Civics Education With The Topic Environment in SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember)
Authors: Sari, Tri Intan
Mardiati, Yayuk
Khutobah, Khutobah
Keywords: aktivitas belajar
hasil belajar
metode diskusi
media gambar
penerapan
Issue Date: 28-Jan-2019
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn tema Lingkungan. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah siswa cenderung pasif, karena interaksi antara siswa dengan guru kurang, guru lebih terfokus pada ceramah sehingga murid hanya mendengarkan selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas III masih tergolong kurang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode diskusi dengan menggunakan media gambar dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Pada siklus I persentase siswa yang sangat aktif sebesar 33.3% kemudian mengalami peningkatan sebesar 33.4% menjadi 66.7% pada siklus II. Siswa yang aktif pada tindakan siklus I sebesar 40.7% dan mengalami penurunan sebesar 7.4% pada tindakan siklus II menjadi 33.3%. Siswa yang cukup aktif sebesar 25.9% pada siklus I dan menjadi 0% pada siklus II. Siswa yang yang kurang aktif dan sangat tidak aktif mengalami penurunan pada tindakan siklus I dan siklus II menjadi 0%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 75,14 dengan kriteria hasil belajar baik dan pada siklus II menjadi 86 dengan kriteria hasil belajar sangat baik.
Description: JURNAL EDUKASI UNEJ 2014, I (2): 36-39
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89483
ISSN: 2442-353X
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Khutobah_Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar.pdf297.87 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.