Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/89242
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJULIYANTO, Bagus-
dc.contributor.advisorKUSNO-
dc.contributor.authorPUTRI, Nurika Heidianti-
dc.date.accessioned2018-12-28T01:44:14Z-
dc.date.available2018-12-28T01:44:14Z-
dc.date.issued2018-12-27-
dc.identifier.nim141810101018-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89242-
dc.description.abstractPiala biasanya diberikan kepada seseorang sebagai tanda penghargaan atau hadiah suatu prestasi. Secara umum piala terdiri dari bagian atas, bagian tengah, dan bagian alas. Menurut aspek geometris, model piala pada umumnya masih memiliki kekurangan pada tampilan bentuk, contohnya bagian alas yang terdiri dari benda ruang seperti tabung, kubus, atau balok saja sehingga terkesan monoton dan kurang variatif. Bentuk-bentuk geometris yang variatif dapat dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya menggunakan teknik penggeseran kurva, permukaan putar, ataupun deformasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan beragam bentuk desain piala yang variatif dari penggabungan hasil deformasi benda-benda geometri ruang. Modelisasi piala dibagi menjadi tiga tahapan seperti berikut. Pertama, membangun beberapa benda dasar sebagai komponen penyusun piala dari deformasi prisma segi enam beraturan, tabung, dan kerucut. Dalam hal ini mengoperasikan titik dan kurva kemudian membangun permukaan lengkung atau menginterpolasikan kurva tersebut. Kedua, merangkai beberapa benda dasar komponen piala pada tiga jenis sumbu pemodelan. Tahapan terakhir dilakukan programasi untuk memodelisasi piala tersebut dengan bantuan software Maple 18. Hasil penelitian ini mendapatkan dua prosedur untuk memodelisasi piala. Pertama, prosedur untuk mendesain beragam bentuk komponen penyusun piala dari benda dasar prisma segi enam beraturan, tabung, dan kerucut adalah sebagai berikut. Menetapkan titik-titik atau pola pada masing-masing sisi atas dan sisi bawah prisma, tabung, dan kerucut. Mengoperasikan titik-titik tersebut, yaitu: (a) menetapkan titik kontrol untuk memperbesar atau memperkecil jari-jari atau ketinggian, (b) membangun segmen garis, kurva Bezier kuadratik atau kubik, dan (c) menginterpolasikan kurva tersebut sehingga menghasilkan bentuk komponen piala. Kedua, prosedur untuk perangkaian komponen penyusun piala hasil dari prosedur pertama pada tiga jenis sumbu pemodelan yaitu satu sumbu pemodelan, dua sumbu pemodelan, dan tiga sumbu pemodelan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Membagi sumbu menjadi 3 segmen yang diperlukan sebagai sumbu bagian alas piala, bagian tengah piala, dan bagian atas piala. Mengisi setiap bagian segmen sumbu non homogen tersebut dengan komponen penyusun piala sehingga menghasilkan model piala yang bervariasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.subjectModelisasi Bendaen_US
dc.titleModelisasi Piala dengan Penggabungan Hasil Deformasi Benda Geometri Ruangen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurika Heidianti Putri-141810101018.pdf3.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools