Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88406
Title: Analisis Jenis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Listrik Statis di MAN 6 Jombang
Authors: PRIHANDONO, Trapsilo
SUDARTI
JUWARIYAH, Siti
Keywords: Kesalahan Siswa
Materi Listrik Statis
Issue Date: 22-Nov-2018
Series/Report no.: 140210102095;
Abstract: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa masih banyak siswa MAN 6 Jombang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika materi listrik. Adapun persentase Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang sebesar 42,88% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam membaca soal, tidak terbiasa menuliskan data-data yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tidak mengerti maksud yang ditanyakan pada soal, tidak teliti dalam mengkonversikan satuan, terbiasa untuk menjawab soal tanpa mengkonversikan ke satuan SI, dan siswa tidak mengetahui tulisan dari satuan yang digunakan. Adapun persentase Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang sebesar 54,51% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak membaca petunjuk pengerjaan soal, tidak teliti dalam membaca soal, tidak memahami materi, dan tidak mengetahui maksud soal. Adapun persentase Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang sebesar 15,88% yang berarti kategori kesalahan rendah. Penyebab Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam menjawab soal yang diberikan, tidak memahami maksud soal, tidak teliti membaca dan memahami soal, tidak memahami maksud soal, tidak mengetahui langkah akhir penyelesaian. Adapun persentase Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang sebesar 1,76% yang berarti kategori kesalahan sangat rendah. Penyebab Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa peresentase kesalahan paling tinggi yang dilakukan siswa MAN 6 Jombang adalah Kesalahan Konsep yaitu sebesar 51,18%, sedangkan persentase kesalahan paling rendah adalah Kesalahan Hitung yaitu sebesar 1,76%. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu guru dapat mengetahui letak kesalahan siswa, sehingga guru dapat segera memberikan penanganan yang tepat dan mengurangi kesalahan siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88406
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI JUWARIYAH - 140210102095_.pdf5.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools