Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87967
Title: Peran Dongeng terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak Kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: LATHIEF, Misno A.
BUDYAWATI, Luh Putu Indah
ULFA, Nur Majdina
Keywords: Peran Dongeng
Kemampuan Berkomunikasi
Anak Kelompok A
Issue Date: 13-Nov-2018
Series/Report no.: 140210205022;
Abstract: Seiring perkembangan jaman yang semakin maju keberadaan dongeng sebagai budaya tutur mulai ditinggalkan. Kurangnya kesadaran dari orang tua untuk membacakan dongeng sebelum tidur menjadi salah satu penyebab dongeng mulai ditinggalkan. Namun, kemajuan teknologi berdampak terhadap perkembangan dari dongeng tersebut. Dongeng yang pada awalnya hanya disampaikan melalui budaya tutur, disajikan dengan media yang lebih berkembang seperti media visual, audiovisual dan menggunakan berbagai macam media dalam penyampiannnya guna menarik perhatian dari pendengarnya. Selain itu, pendengar (anak-anak) akan lebih mudah menerima pesan yang disampiakan melalui dongeng tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran dongeng terhadap kemampuan berkomunikasi anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dongeng terhadap kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok A di TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah dongeng yang diterapkan di Kelompok A TK Kartika IV-8 Secaba Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Waktu pelaksanaan penelitian selama 3 minggu. Sumber data informan kunci yaitu dongeng dan informan pendukung anak, guru dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87967
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Majdina Ulfa-140210205022_1.pdf2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools