Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/87508
Title: Pengaruh Business Centre dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran SMKN 1 Jember
Authors: Zulianto, Mukhamad
Sedyati, Retna Ngesti
RAHAYU, Sri wahyuni diyah
Keywords: BUSINESS CENTRE
EFIKASI DIRI
Issue Date: 1-Oct-2018
Abstract: Tuntutan peran dan fungsi SMK dalam menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki relevansi yang tinggi sesuai dengan tujuan SMK masih belum dapat diwujudkan dengan baik. Realita menunjukan lulusan SMK menjadi pengangguran terbuka paling tinggi. Sehingga perlu adanya upaya dalam menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan siswa SMK agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Salah satunya dengan mengajarkan dan menanamkan minat kewirausahaan pada diri siswa. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Salah satunya adalah fasilitas business centre dan efikasi diri. Seseorang yang memiliki efikasi yang tinggi akan memiliki ketertarikan dalam berwirausaha dan mampu melakukan tugas berwirausaha dengan tekun dan siap menghadapi rintangan dalam berwirausaha. Sedangkan business centre merupakan wadah pembelajaran bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung mengenai kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh business centre dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa jurusan pemasaran SMKN 1 Jember dan menemukan variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat berwirausaha siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X Jurusan Pamasaran SMKN 1 Jember sebanyak 144 siswa. Sampling yang digunakan yaitu teknik proposional random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 responden dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa business centre dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Jember sebesar 73,2% dan sisanya sebesar 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, Variabel yang dominan mempengaruhi minat adalah efikasi diri yaitu sebesar 45,2% sedangkan business centre 28%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87508
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sri Wahyuni Diyah Rahayu - 140210301048.pdf4.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools