Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86942
Title: Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Bahasan Suhu dan Kalor Di SMA NU
Authors: Arifin, Zainal
Lesmono, Albertus Djoko
Maryani, Maryani
Keywords: LKS
PBL
Keefektifan
Issue Date: 6-Aug-2018
Abstract: Dalam kegiatan pemebelajaran biasa digunakan bahan, salah satunya bahan ajar LKS. LKS yang biasa digunakan dan beredar belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang berbasis saintifik diperlukan model pembelajaran yang tepat. LKS berbasis problem based learning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor adalah solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng. Penelitian ini didasarkan pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 4 langkah, yaitu: (1) Analisis awal-akhir, (2) Desain LKS, (3) validasi dan revisi, (4) uji empiris dan revisi. Desain pemilihan test yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Hasil dari nilai pre test dan pos test dijadikan dasar untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng adalah 0,7. Nilai 0,7 adalah termasuk kategori tinggi, sehingga LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Description: Prosiding SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2017
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86942
ISSN: 2527-5917
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Maryani_PENGEMBANGAN LKS BERBASIS.pdf233.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.