Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86937
Title: Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII Pada Materi Pokok Gelombang Cahaya Di SMA
Authors: Andriyani, Nur Fitriah
Prihandono, Trapsilo
Maryani, Maryani
Keywords: Pemahaman Konsep
Three-Tier test
Issue Date: 6-Aug-2018
Abstract: Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala yang disebabkan siswa pasif pada proses pembelajaran di kelas. Kurangnya minat siswa akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran fisika. Selain itu, kurangnya perhatian guru terhadap keadaan kelas, yang hanya mementingkan ceramah atau hanya menerangkan materi di depan kelas tanpa memikirkan pemahaman konsep siswa membuat siswa kurang memahami konsep fisika secara utuh. Pemahaman konsep adalah kemampuan menangkap pengertian - pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih dipahami (Translasi), mampu memberikan interpretasi, dan mampu mengaplikasikannya (Ekstrapolasi). Pemahaman konsep sangat diperlukan bagi siswa yang sudah mengalami proses belajar. Identifikasi pada penelitian ini merujuk pada tingkat pemahaman konsep gelombang cahaya dengan menggunakan tes diagnostik tiga tahap. Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa dalam memahami konsep tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pemahaman konsep yang dikuasi oleh siswa.
Description: Prosiding SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2017
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86937
ISSN: 2527-5917
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Maryani_IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP.pdf227.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.