Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86489
Title: Analisis Pemahaman Terhadap Konsep Bilangan Sesuai Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Kelompok a1 Di Tk Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Khutobah
Misno
Pamungkas, Dewi Karunia
Keywords: Pemahaman Terhadap Konsep Bilangan
Pembelajaran Matematika Realistik
Pada Anak Kelompok A1 Di Tk
Issue Date: 26-Jul-2018
Abstract: Potensi anak usia dini yang perlu dikembangkan mencakup seluruh aspek perkembangan anak, yakni aspek fisik motorik, aspek kognitif, aspek sosioemosional, aspek bahasa serta aspek nilai agama dan moral. Salah satunya yang ingin saya bahas yaitu aspek perkembangan kognitif yang menggambarkan bagaimana cara berpikir anak dapat berkembang. Konsep Bilangan menurut Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang standart pencapaian perkembangan usia 4-5 tahun meliputi mengetahui konsep banyak dan sedikit, membilang banyak benda satu sampai sepuluh, dan Mengenal konsep bilangan. Pembelajaran matematika realistik lebih mendekatkan matematika dengan lingkungan anak. Pembelajaran matematika guru harus mengaitkan/menghubungkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi awal pada saat KKMT di kelas kelompok A1 di TK Dharus Sholah Jember, sebagian anak masih belum mampu memahami tentang konsep bilangan hanya pengenalan konsep bilangan. Salah satu kemampuan yang penting bagi anak yang perlu dikembangkan adalah kemampuan matematika, dari permasalahan tersebut diperlukan adanya tindak lanjut mengenai analisis pemahaman anak terhadap konsep bilangan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik yang kurang dipahami oleh anak. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pemahaman konsep bilangan sesuai permendiknas no. 58 tahun 2009 melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada anak kelompok A1 di TK Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui/mendeskripsikan tentang pemahaman terhadap konsep bilangan sesuai permendiknas no. 58 tahun 2009 melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada anak kelompok A1 di TK Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di TK Darus Sholah Jember selama 4 minggu. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci, yaitu anak usia 4-5 tahun dan informan pendukung yaitu guru kelompok A1. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Darus Sholah Jember berkaitan dengan analisis pemahaman terhadap konsep bilangan sesuai permendiknas no.58 tahun 2009 melalui pendekatan matematika realistik bahwa anak lebih memahami tentang mengenal konsep banyak dan sedikit sebesar 45% dan menunjuk lambang bilangan sebesar 45%, membilang 1-10 sebesar 65%, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda sebesar 53%. Adapun hasil tes yang diraih tentang pemahaman konsep bilangan ialah anak lebih memahami tentang mengenal konsep banyak dan sedikit, menunjuk lambang bilangan 1-10, menyebut urutan bilangan 1-10 serta menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda. Saran yang dapat disampaikan yaitu bagi guru hendaknya guru kelompok A1 dapat lebih menanamkan pembelajaran kepada anak tentang konsep bilangan pada benda-benda nyata di lingkungan sekitar. Dukungan dari pihak sekolah yaitu hendaknya sekolah menyediakan sarana dan prsarana yang menunjang pembelajaran konsep bilangan dengan mendekatkan anak melalui pembelajaran matematika realistik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86489
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
dewi karunia pamungkas 1.pdf6.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools