Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86278
Title: | Pengaruh Strategi Pembelajaran sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 04 Jember. |
Authors: | SUHARTININGSIH AGUSTININGSIH CAHYORINI, Bellanida Wahyu |
Keywords: | Strategi Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa. |
Issue Date: | 11-Jul-2018 |
Series/Report no.: | 140210204088; |
Abstract: | Membaca pemahaman adalah kegiatan mengamati tulisan untuk memahami isi bacaan. Membaca pemahaman merupakan proses sungguh-sungguh yang dilakukan pembaca untuk memperoleh informasi, pesan, dan makna dalam sebuah bacaan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember pada 1 Agustus 2017, diketahui bahwa pada saat kegiatan pembelajaran membaca secara bergantian masih banyak siswa yang kurang memperhatikan dan ketika guru memberikan pertanyaan tentang bacaan sebagian besar siswa masih membaca ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji cobakan salah satu strategi membaca pemahaman yaitu SQ3R. Strategi SQ3R merupakan salah satu strategi pembelajaran membaca yang sangat tepat digunakan untuk membelajarkan membaca pemahaman. Salah satu indikator membaca pemahaman yaitu menuliskan kalimat utama, sesuai dengan kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas IV yaitu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Strategi ini dipilih karena langkahlangkah strategi SQ3R cukup sederhana dan jelas serta memiliki dampak signifikan apabila diterapkan untuk kegiatan membaca. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86278 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Bellanida Wahyu Cahyorini NIM 140210204088.pdf | 2.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools