Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86266
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transfering) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Smp Kelas Vii
Authors: HOBRI
SUSANTO
DIANA MR, Risa Aries
Keywords: Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering) Pada materi Aritmatika Sosial.
Issue Date: 11-Jul-2018
Series/Report no.: 150220101021;
Abstract: Peningkatan mutu pendidikan untuk kualitas sumber daya manusia yang baik dan bermutu. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan demi terwujudnya generasi penerus yang terdidik dan memiliki akhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peoses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Berbasis Strategi REACT Pada materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif pada siswa SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Dalam penelitian ini perangkat yang dikembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Proses pengembangan perangkat ini menggunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan 4-D. Berdasarkan hasil analisis validasi RPP oleh dosen dan guru diperoleh ratarata 4,5 dengan kriteria prototipe RPP valid dan nilai rata-rata 89,77 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis validasi LKS oleh dosen dan guru diperoleh rata-rata 4,8 dengan kriteria prototipe RPP valid dan nilai rata-rata 94,66 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis validasi THB oleh dosen dan guru diperoleh rata-rata 4,8 dengan kriteria prototipe RPP valid dan nilai rata-rata 96,33 dengan kriteria sangat baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86266
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RISA ARIES DIANA NIM. 150220101021.pdf7.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.