Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/86015
Title: Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Olahan Bawang Merah UD. Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo
Authors: HARIYATI, Yuli
Kusmiati, Ati
ARUM, Intan Sekar
Keywords: AGROINDUSTRI
BAWANG MERAH
Issue Date: 26-Jun-2018
Series/Report no.: 131510601047
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) trend penjualan dari agroindustri olahan bawang merah UD. Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo; (2) nilai tambah dari agroindustri olahan bawang merah UD. Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo; (3) strategi pengembangan dari agroindustri olahan bawang merah UD. Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Trend penjualan pada berbagai produk yaitu: (a) Persamaan trend penjualan bawang merah goreng Y = 498,07 + 23,18X persamaan ini menunjukkan garis trend penjualan yang semakin meningkat karena nilai koefisiennya positif, (b) Persamaan trend penjualan camilan bawang merah Y = 866,87 + 56,16X persamaan ini menunjukkan garis trend penjualan yang semakin meningkat karena nilai koefisiennya positif (c) Persamaan trend penjualan sambal bawang Y = 254,25 + 26,64X persamaan ini menunjukkan garis trend penjualan yang semakin meningkat karena nilai koefisiennya positif; (2) Nilai tambah pada berbagai produk yaitu: (a) Nilai tambah per kilogram bahan baku pada pengolahan bawang merah menjadi bawang merah goreng memiliki sebesar Rp. 10.589,20/kg atau 45,38% dari nilai output (b) Nilai tambah per kilogram bahan baku pada pengolahan bawang merah menjadi camilan bawang merah memiliki sebesar Rp. 20.965,75/kg atau 55,91% nilai output (c) Nilai tambah per kilogram bahan baku pada pengolahan bawang merah menjadi sambal bawang sebesar Rp. 16.650,10/kg atau 26,64% nilai output; (3) Strategi yang ditetapkan yaitu mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan kapasitas produksi dengan memperbaiki teknologi dan kualitas SDM, apabila produksi meningkat, maka peluang untuk produk bawang merah dikenal masyarakat umum semakin luas, dan peluang agroindustri berkembang semakin besar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86015
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Intan Sekar Arum - 131510601047_.pdf1.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools