Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85964
Title: | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INTEGRASI HISTORY OF MATHEMATICS (HOM) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS X-IPA DI SMA NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017/2018 |
Authors: | HOBRI SUSANTO WIBAWA, Bernadetta Patria |
Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INTEGRASI HISTORY OF MATHEMATICS (HOM) |
Issue Date: | 25-Jun-2018 |
Series/Report no.: | 110210101057; |
Abstract: | Hasil analisis observasi aktivitas siswa dalam penelitian ini ditinjau dari hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh 4 orang observer. Penilaian para observer pada pertemuan pertama, secara berurutan mulai dari observer 1 hingga 4 menunjukkan persentase 86,11%; 81,94%; 83,33%; dan 84,72%. Sedangkan penilaian para observer pada pertemuan kedua, secara berurutan mulai dari observer 1 hingga 4 menunjukkan nilai 93,05%; 86,11%; 86,11%; dan 91,66%. Kemudian yang terakhir, keefektifan produk LKS berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) atau sejarah matematika pada materi pokok relasi dan fungsi yang dikembangkan dalam penelitian ini ditinjau dari respon positif siswa yang menunjukkan. sebanyak ≥80% siswa memberikan respon positif (kategori „baik‟) pada setiap aspek yang ditanyakan. Dengan demikian produk LKS berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) atau sejarah matematika pada materi pokok relasi dan fungsi yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis, dan efektif. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis integrasi History Of Mathematics (HOM) pada materi Relasi dan Fungsi Kelas X-IPA dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar yang dappat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas untuk memacu motivasi siswa dalam mempelajari matematika dan melatih kemampuan mereka dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep matematika yang dipelajari. (2) peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis dapat mengambil materi berbeda dan jenjang pendidikan yang lainnya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85964 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Bernadetta Patria Wibawa - 110210101057_.pdf | 4.13 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools