Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85921
Title: ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN TAKSONOMI ANDERSON MATERI LISTRIK STATIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII DI SMA KABUPATEN BANYUWANGI
Authors: BUDI, Sri Handono
SUPRIYADI, Bambang
LAILI, Nispul
Keywords: PENGUASAAN KONSEP
SISWA MENGGUNAKAN TAKSONOMI ANDERSON
MATERI LISTRIK STATIS
PEMBELAJARAN FISIKA
Issue Date: 22-Jun-2018
Series/Report no.: 140210102015;
Abstract: Fisika merupakan ilmu yang mendasari semua cabang sains karena berhubungan dengan perilaku dan struktur materi. Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit. Berdasarkan data nilai UN di Kabupaten Banyuwangi menunjukkan bahwa terjadi penurunan dari tahun 2015 sampai 2017 pada mata pelajaran Fisika. Menurut Standar Nasional Pendidikan, pembelajaran fisika harus dikonstruksi sedemikan rupa sehingga proses pembelajarannya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan umum pembelajaran fisika yang menekankan pada penguasaan konsep agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Pembelajaran fisika di sekolah berorientasi pada teori, konsep, rumus dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa dalam domain kognitif yang berkenaan dengan ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi dan pencipta atau kreasi. Penguasaan konsep yang telah diajarkan, baru dapat diketahui oleh guru bila telah diadakan evaluasi. Alat evaluasi yang dapat digunakan adalah alat klasifikasi tingkat evaluasi dengan Taksonomi Bloom Revisi (Taksonomi Anderson). Widodo menyatakan pembacaan yang tertarik untuk mengetahun perbedaan antara taksonomi yang lama dan penjelasan lebih rinci mengenai taksonomi yang baru (Taksonomi Anderson) dan pemanfaatan dalam perumusan tujuan pembelajaran dapat membaca tulisan penulisan sebelumnya. Pada materi Listrik Statis terlihat langsung di kehidupan sehari-hari tetapi banyak siswa yang tidak mengetahui konsep Listrik Statis yang ada di lingkungannya, serta banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep yang sering terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi). Penguasaan konsep dapat membantu mengurangi miskosepsi pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksud untuk menyelidiki keadaan kondisi, atau hal-hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA (ilmu pengetahuan Alam) dari tiga sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Genteng sebagai SMAN X, SMA Negeri 1 Glenmore sebagai SMAN Y, dan SMA Negeri 1 Muncar sebagai SMAN Z. Penguasaan konsep pada SMAN X pada pokok bahasan listrik statis yaitu 67% berkategori cukup baik. SMAN Y penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik statis yaitu 66% berkategori cukup baik. SMAN Z penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik statis yaitu 50% berkategori kurang baik. Penguasaan konsep berdasarkan indikator penguasaan konsep Taksonomi Anderson menunjukkan bahwa persentase penguasaan konsep setiap indikator dari ketiga sekolah paling tinggi pada indikator mengingat (C1) SMAN X, memahami (C2) SMAN Y, mengaplikasikan (C3) SMAN X, menganalisis (C4) SMAN Z, mengevaluasi (C5) SMAN X, menciptakan (C6) SMAN Y.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85921
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NISPUL LAILI-140210102015_.pdf6.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools